Rais Targetkan Juara Nasional

2 Oct, 2017 | Kabar Berita

Dari kiri ke kanan, Rivan Arifiyansyah, Rais Zainuri, H Cecep Maemun, dan Hadian Alkani menunjukkan trofi juara 1 lomba Kejuruan Bidang IT Software tingkat Jawa Barat kemarin (23/10).

Rais Zainuri, siswa kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), SMK Muhammadiyah Tasikmalaya yang menjadi juara lomba IT Software tingkat Jawa Barat, minggu lalu, kini menargetkan juara nasional. Dia akan mengikuti lomba pada bulan Mei 2018 di Bangka Belitung.

Kini, dia berlatih untuk menghadapi kejuaraan nasional tahun depan. Apalagi, targetnya Rais menjadi juara.

Dia bercerita saat menjadi yang terbaik di tingkat Jabar. Selama tiga hari, putra pasangan Agus Wahyu Suryaman dan Nunung Haryati asal Cihaurbeuti, Ciamis ini fokus mengerjakan modul agar tugasnya selesai tepat pada waktu.

“Soalnya ada tiga modul dikerjakan selama dua hari. Di sana kita membuat Program retail penjualan, sangat menarik dan menantang. Tidak terpikir untuk menjadi juara satu saya menargetkan masuk juara tapi bukan juara satu, Alhamdulillah hasilnya sangat menyenangkan,” tutur Rais kemarin (23/10). Pembimbing Rais saat lomba, Hadian Alkani SKom mengatakan selama perlombaan, Rais terlihat lebih percaya diri. Meskipun tegang. Dia berhasil menjadi yang terbaik dari 27 peserta se-Jawa Barat.

Ketua Komptensi Keahlian Rakayasa Perangkat Lunak (RPL) Rivan Arifiyansyah menuturkan untuk persiapan tingkat nasional, pihaknya sudah mulai mengumpulkan soal-soal nasional dari berbagai sumber untuk kemudian dipelajari. Meskipun belum ada ketentuan khusus dari panitia lomba, tapi tim SMK Muham­madiyah Kota Tasikmalaya sudah mulai cari referensi dan tantangan program komputer untuk Rais.

“Ini setiap harinya terus berkem­bang seiring dengan perkembangan teknologi, sehingga harus terus update pengetahuan agar tidak tertinggal,” tuturnya. Kepala SMK Muham­madiyah Tasikmalaya H. Encep Maemun S.T., M.Pd mengatakan mengaku baru akan melakukan rapat dengan tim Provinsi Jawa Barat untuk persiapan Rais menghadapi lomba tingkat nasional. ”Insya Allah saya yakin pasti bisa,” ujarnya.